LAPORAN BACAAN 8 (STRATEGI PEMBELAJARAN)

 

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar kepada siswa.



a.      Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar. Strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting, khususnya bagi mereka yang terjun langsung di dunia pendidikan. Terdapat beberapa pendapat para ahli terkait pengertian dan definisi strategi pembelajaran yaitu:

Cropper (1998)

Pengertian strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.

Egger Kauchak dan Harder

Strategi pembelajaran menurut Kauchak dan Harder adalah jenis-jenis metode mengajar yang khusus direncanakan untuk mencapai tujuan khusus.

Kemp (1995)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Kemp adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara efektif dan efisien.

 

Dari pengertian yang telah dipaparkan nenurut ahli diatas dapat disimpulkan bahwasanya strategi pembelajaran merupakan  sebuah pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berupa  rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.

Strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode atau prosedur dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Artinya, metode atau prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.

 

b.      Jenis Strategi Pembelajaran

Ada berbagai macam strategi pembelajaran. Berbeda dengan metode maupun model pembelajaran, setiap guru bisa saja menciptakan aneka strategi pembelajaran. Bahkan dalam satu KD, Tema ataupun Unit Materi, bisa saja guru menggunakan lebih dari 3 strategi untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Berikut adalah contoh dari jenis-jenis strategi pembelajaran yang bisa menjadi inspirasi dalam perencanaan kegiatan mengajar di sekolah. 

No

Jenis Strategi

Penjelasan

1

Strategi pembelajaran ekspositori. 

Dalam hal ini, guru mengambil peranan yang sangat penting karena sebagai sumber ilmu dan keterampilan. Metode ceramah dan tutorial bisa dipakai dalam strategi ekspositori.

 

 2

Strategi pembelajaran inkuiri.

Strategi pembelajaran inkuiri merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran dengan cara menekankan proses berpikir. s

Melalui strategi pembelajaran inkuiri, maka orientasi siswa akan lebih terbentuk. 

 

 3

 Strategi pembelajaran berbasis masalah atau SPBM

Pembelajaran SPBM merupakan strategi pembelajaran yang berisi rangkaian aktivitas pembelajaran yang telah menekankan pada proses penyelesaian masalah yang telah dihadapi secara ilmiah. 

Melalui strategi pembelajaran ini, maka secara perlahan siswa akan mulai berkembang lebih baik lagi. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan siswa terjadi melalui aspek efektif dan juga psikomotor.

 

 4

Strategi peningkatan kemampuan berpikir.

Strategi pembelajaran jenis ini dilakukan dengan menekankan pada kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa. Materi yang diberikan tidak disajikan begitu saja, namun siswa akan dibimbing untuk mencapai proses supaya bisa menemukan sendiri konsep yang seharusnya dikuasai dengan melalui proses dialogis secara terus menerus dan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki siswa.

Untuk strategi pembelajaran ini memang mengedepankan pola berpikir, sehingga pembelajaran ini lebih bertumpu pada pengembangan kemampuan siswa dalam berpikir melalui fakta maupun pengalaman.

 

 5

Strategi pembelajaran kooperatif atau SPK

Pembelajaan kooperatif dikembangkan berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Dalam teorinya, Vygotsky percaya bahwa anak aktif dalam menyusun pengetahuan mereka.

Guru bisa memakai model Cooperative Learning untuk melakukan strategi ini. 

 6

Strategi pembelajaran kontekstual atau CTL

Strategi pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru antara situasi dunia nyata para siswa dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Secara tidak langsung strategi pembelajaran kontekstual dapat mendorong siswa menjadikan hubungan antara kehidupan dengan pengetahuan bisa diterapkan dengan baik.

 

 7

Strategi pembelajaran afektif atau SPA

Dalam menyusun strategi pembelajaran afektif, guru harus memahami nilai apa yang ingin dicapai. Observasi, interview dan pendekatan personal bisa dialkukan dalam melakukan hal ini. 

 

C. Pemilihan Strategi Pembelajaran

Dalam kriteria pemilihan strategi pembelajaran, Mager menyampaikan beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih strategi pembelajaran, yaitu:

1. Berorientasi pada tujuan pembelajaran, tipe perilaku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik. Misalnya menyusun bagian analisis pembelajaran. 

2. Pilih teknik pembelajaran sesuai dengan keterampilan diharapkan dapat dimiliki saat bekerja nanti (dihubungkan dengan dunia kerja). 

3. Gunakan media pembelajaran yang sebanyak mungkin memberikan rangsangan pada indra peserta didik.

 

 

Komentar