Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi
pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, meliputi sifat, lingkup, dan
urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar kepada siswa.
a.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah
cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk
menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik
menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan
pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar. Strategi
pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting, khususnya bagi mereka yang
terjun langsung di dunia pendidikan. Terdapat beberapa pendapat para
ahli terkait pengertian dan definisi strategi pembelajaran yaitu:
Cropper
(1998)
Pengertian strategi pembelajaran
merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku
yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya
harus dapat dipraktikkan.
Egger
Kauchak dan Harder
Strategi pembelajaran menurut Kauchak dan
Harder adalah jenis-jenis metode mengajar yang khusus direncanakan untuk
mencapai tujuan khusus.
Kemp
(1995)
Pengertian strategi
pembelajaran menurut Kemp adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara efektif
dan efisien.
Dari
pengertian yang telah dipaparkan nenurut ahli diatas dapat disimpulkan
bahwasanya strategi pembelajaran merupakan
sebuah pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berupa rangkaian tindakan yang diadaptasi dari
perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.
Strategi pembelajaran harus mengandung
penjelasan tentang metode atau prosedur dan teknik yang digunakan selama proses
pembelajaran berlangsung. Artinya, metode atau prosedur dan teknik pembelajaran
merupakan bagian dari strategi pembelajaran.
b.
Jenis
Strategi Pembelajaran
Ada
berbagai macam strategi pembelajaran. Berbeda dengan metode maupun model
pembelajaran, setiap guru bisa saja menciptakan aneka strategi pembelajaran. Bahkan
dalam satu KD, Tema ataupun Unit Materi, bisa saja guru menggunakan lebih dari
3 strategi untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Berikut
adalah contoh dari jenis-jenis strategi pembelajaran yang bisa menjadi
inspirasi dalam perencanaan kegiatan mengajar di sekolah.
|
No |
Jenis Strategi |
Penjelasan |
|
1 |
Strategi pembelajaran
ekspositori. |
Dalam
hal ini, guru mengambil peranan yang sangat penting karena sebagai sumber
ilmu dan keterampilan. Metode ceramah dan tutorial bisa dipakai dalam
strategi ekspositori. |
|
2 |
Strategi pembelajaran inkuiri. |
Strategi pembelajaran inkuiri
merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran dengan cara menekankan proses
berpikir. s Melalui strategi pembelajaran
inkuiri, maka orientasi siswa akan lebih terbentuk. |
|
3 |
Strategi pembelajaran
berbasis masalah atau SPBM |
Pembelajaran SPBM merupakan
strategi pembelajaran yang berisi rangkaian aktivitas pembelajaran yang telah
menekankan pada proses penyelesaian masalah yang telah dihadapi secara
ilmiah. Melalui strategi pembelajaran ini,
maka secara perlahan siswa akan mulai berkembang lebih baik lagi. Hal ini
membuktikan bahwa perkembangan siswa terjadi melalui aspek efektif dan juga
psikomotor. |
|
4 |
Strategi peningkatan kemampuan
berpikir. |
Strategi pembelajaran jenis ini
dilakukan dengan menekankan pada kemampuan berpikir yang dimiliki setiap
siswa. Materi yang diberikan tidak disajikan begitu saja, namun siswa akan
dibimbing untuk mencapai proses supaya bisa menemukan sendiri konsep yang
seharusnya dikuasai dengan melalui proses dialogis secara terus menerus dan
memanfaatkan pengalaman yang dimiliki siswa. Untuk strategi pembelajaran ini
memang mengedepankan pola berpikir, sehingga pembelajaran ini lebih bertumpu
pada pengembangan kemampuan siswa dalam berpikir melalui fakta maupun
pengalaman. |
|
5 |
Strategi pembelajaran kooperatif
atau SPK |
Pembelajaan kooperatif
dikembangkan berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Dalam
teorinya, Vygotsky percaya bahwa anak aktif dalam menyusun pengetahuan
mereka. Guru bisa memakai model
Cooperative Learning untuk melakukan strategi ini. |
|
6 |
Strategi pembelajaran kontekstual
atau CTL |
Strategi pembelajaran kontekstual
merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru antara situasi dunia nyata
para siswa dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Secara tidak
langsung strategi pembelajaran kontekstual dapat mendorong siswa menjadikan
hubungan antara kehidupan dengan pengetahuan bisa diterapkan dengan baik. |
|
7 |
Strategi pembelajaran afektif atau
SPA |
Dalam menyusun strategi
pembelajaran afektif, guru harus memahami nilai apa yang ingin dicapai.
Observasi, interview dan pendekatan personal bisa dialkukan dalam melakukan
hal ini. |
C. Pemilihan Strategi
Pembelajaran
Dalam
kriteria pemilihan strategi pembelajaran, Mager menyampaikan
beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih strategi pembelajaran,
yaitu:
1. Berorientasi pada
tujuan pembelajaran, tipe perilaku yang diharapkan dapat dicapai oleh
peserta didik. Misalnya menyusun bagian analisis pembelajaran.
2. Pilih teknik
pembelajaran sesuai dengan keterampilan diharapkan dapat dimiliki saat bekerja
nanti (dihubungkan dengan dunia kerja).
3. Gunakan media
pembelajaran yang sebanyak mungkin memberikan rangsangan pada indra peserta
didik.

Komentar
Posting Komentar